Selasa, 27 November 2012

Semangat Hidup Setelah Kehilangan


Ketika seseorang kehilangan orang yang penting bagi mereka, mereka tenntu engalamai kedukaan yang mendalam. Memang dengan berduka akan sangat membantu seseorang untuk bisa menerima dan memahami rasa kehilangan bagi  mereka. Hal ini juga dapat membantu mereka untuk menerima kenyataan yang atau ada bahwa mereka benar-benar telah kehilangan orang yang dikasihi. Selanjutnya setelah masa duka, akan datang saatnya mereka akan mampu melangkah maju dan memulai kehidupan selanjutnya dan mencintai kehidupan dengan semangat yang baru.

Ketika kehilangan karena kematian terjadi, bahkan ketika hal itu jika itu telah diketahui terutama karena penyakit yang telah lamadiderita, Anda masih mungkin akan mengalami berbagai tekanan emosi.  Akan ada rasa penolakan, tidak percaya, bingung, shock, sedih, rindu, marah, terhina, bahkan putus asa bahkan merasa bersalah. Sebenarnya itu adalah emosi yang cukup normal, dan bahkan sehat.

Akan butuh waktu bagi seseorang untuk sepenuhnya memahami kenyataan bahwa yang mereka cintai sudah tidak lagi di sekitar. Ada kalanya perasaan yang mendalam atas  kehilangan seseorang yang dikasihi itu akan terjadi. Tetapi rasa sedih da haru setelah beberapa waktu akan memungkinkan orang yang ditinggalkan akan dapat melanjutkan kehidupan mereka seperti sedia kala.

Ketika dalam kesedihan yang mendalam, ada sebagian orang yang mengalami gejala fisik seperti sakit perut, hilangnya nafsu makan, gangguan usus, gangguan tidur dan kehilangan energi yang menunjukkan gejala umum dari kesedihan akut. Bahkan mungkin ada reaksi ekstrim seperti serangan kecemasan, kelelahan kronis, depresi dan bahkan berpikiran ingin bunuh diri.


Untuk mengatasi rasa sakit dan kehilangan, dibutuhkan dukungan dari orang-orang yang memahami dan pernah mengalami kehilangan, atau yang pernah mengalami rasa sakit karena perpisahan akan akan sangat membantu Anda untuk bisa beradaptasi dengan kehidupan baru.

Untuk mengatasi rasa kehilangan, berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan:

• Biarkan diri sendiri untuk mengakui dan memahami serta merasakan sakit

• Bersabarlah dengan cara menghindari tekanan pada diri sendiri untuk mencapai harapan tertentu.

• Ekspresikan perasaan. Menangis adalah cara yang penting dsebagai bagian dari proses penyembuhan.

• Dapatkan dukungan. Carilah orang-orang yang dapat Anda ajak berbicara tentang kehilangan dan kenangan.

• Jaga dirimu. Makan dengan baik dan berolahraga. Lakukan kegiatan fisik guna melepaskan ketegangan.

• Hindari mengjkonsumsi alkohol berlebihan. Alkohol akan menimbulkan hal-hal buruk dari perasaan Anda dalam jangka panjang.

• Maafkan diri Anda sendiri untuk semua hal yang Anda katakan atau tidak katakan

• Terimalah bahwa hidup adalah untuk hidup

• Tunda perubahan besar dalam hidup seperti pindah ke rumah baru, berganti pekerjaan atau memiliki anak lagi.

Kehilangan karena kematian akan membangkitkan beberapa perasaan yang sangat luar biasa. Kehilangan karena kematian seorang anak dapat menimbulkan rasa ketidakadilan, frustrasi atas potensi kehilangan, kehilangan mimpi dan dan berbagai penderitaanyang  tidak masuk akal. Beberapa orang tua merasa bahwa mereka bertanggung jawab atas seluruh kejadian. Sementara itu, kematian pasangan akan menyebabkan selain dari shock, juga mungkin menjadi penyebab krisis keuangan yang potensial, terutama jika pasangannya adalah tulang punggung keluarga.

Orang tua yang kehilangan pasangan sangat rentan, untuk kasus ini mereka akan merasa bahwa mereka kehilangan seumur hidup pengalaman bersama. Apalagi kehilangan sebagai  akibat bunuh diri bisa menjadi salah satu kehilangan  yang paling sulit untuk dihadapi dan menanggungnya. Orang akan dibebani oleh rasa bersalah, marah dan malu.

Anak-anak yang telah kehilangan pengalaman mungkin bereaksi secara berbeda daripada orang dewasa. Kematian orang tua sangat sulit bagi anak-anak kecil. Ketidakmampuan mereka untuk mengekspresikan perasaan mereka dan pemahaman yang terbatas menempatkan anak-anak dalam situasi yang sangat sulit, mereka kembali ke perilaku sebelumnya seperti, mengajukan pertanyaan sensitif mengenai 
almarhum/almarhumah, permainan hayalan tentang kematian dan berpura-pura tidak ada yang meninggal.

Memarahi dengan keras atau membentak dengankeras kepada anak hanya memperdalam kecemasan anak dan rasa ketidakamanan dan ketidakstabilan. Adalah penting untuk berbicara dengan anak-anak jujur.

Bertahan dari rasa kehilangan dan kesedihan dapat dilakukan dengan dukungan, kesabaran dan usaha. Dalam beberapa hari rasa sakit akan berlalu, dan Anda bisa ceria  kembali dengan kenangan dari orang yang Anda cintai dan menjalani kehidupan selanjutnya akan lebih mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar