Senin, 22 Oktober 2012

Merasa Nyaman di mana saja

"Kadang-kadang aku berfikir bagaimana aku bisa berada dalam lingkaran teka-teki yang disebut kehidupan." Apakah Anda pernah berpikir bahwa ini juga terjadi pada diri Anda? Apakah Anda pernah mengalami saat-saat di mana Anda melihat segala sesuatu yang terjadi di sekeliling Anda dan Anda sempat mempertanyakan bagaimana mungkin Anda bisa terperangkap didalamnya?

Jika demikian, berarti Anda tidak sendirian. Mudah-mudahan keterangan ini bisa sedikit  mengurangi kebingungan Anda, karena banyak orang yang menemukan diri mereka dalam situasi yang berkembang setiap hari kadang tidak sesuai dengan keinginannya. Cobalah browaing di internet melalui Google.com dengan kata kunci "Stay at home Dads"(Pengangguran), Anda akan mendapatkan sekitar 214.000 situs web yang memilih topik ii. Untuk pencarian di "Home schooling"(Belajar dari rumah) akan menghasilkan sekitar 1,5 juta situs. "Alternative Careers"(Usaha sampingan) akan menampilkan lebih dari 2,1 juta pilihan.

Memang tidak diragukan lagi bahwa dunia selalu berubah. Orang-orang seloalu berusaha mencari cara-cara baru untuk melakukan sesuatu, mencoba perspektif baru dalam memandang kehidupan ini, dan cara-cara baru untuk mencari nafkah.

Selagi perubahan dunia ini terus berkembang, banyak orang merasa mengalami kesulitan dan membutuhkan waktu yang lama untuk segera menyesuaikan diri dengan gerak kehidupan yang terus berkembang. Teka-teki kehidupan dengan gambaran-gambaran yang jelas tidak lagi begitu mudah untuk dipahami. Pasa awalnya, hal ini kelihatannya sangat menantang. Setelah itu, maka akan lebih mudah untuk mengetahui seperti apakah teka-teki kehidupan Anda itu, dan bagian mana sajakah yang cocok untuk Anda, jika gambaran-gambaran yang bercampur baur itu sudah bisa diidentifikasi.



Kemudian dengan pencampuran dari beberapa gambaran yang jelas dan stereotip yang akan berkembang dengan sendirinya, akan didapatkan sebuah kesempatan yang benar-benar baru. Inilah saatnya suat kesempatan untuk menempatkan diri di manapun kita berada.

Jadi haruskah seseorang tidak memanfaatkan kesempatan yang luar biasa ini? Haruskah kita menghindar dengajn penuh kebingungan karena percampuran  gambaran-gambaran yang tidak jelas, yang sesungguhnya bisa dipisah-pisahkan untuk dihubungkan kembali? Jawabannya adalah selalu berpikir kedepan lebih maju, tetap tenang, dan buatlah kesibukan dengan rencana sendiri.

Berpikir Jauh Kedepan
Kita sering membatasi pemikiran kita dengan menempatkan klasifikasi pada diri kita sendiri dan orang di sekitar kita. Saya seorang mahasiswa, ia Jawa, ia Sunda, dia kaya, mereka masih Energik, kita sudah berusia lanjut. Dengan memilih suatu jenis klasifikasi, berarti akan mudah untuk merasakan bahwa suatu lingkungan ternyata tidak cocok kita ikuti. Semakin kita kategorikan seseorang, semakin kecil kemungkinan kita untuk bergabung dan bekerjasama dengan mereka, karena itu kita akan merasa semakin terasing.

Namun, ketika kita berpikir jauh kedepan, dan memperluas pandangan kita tentang dunia, kita akan menjadi lebih mudah untuk melihat dan merasa bagaimana kita bisa masuk dan bergabung ke dalam salah satu atau beberapa lingkungan. Berpikir untuk diri kita sendiri, "Saya manusia," atau "Kami hidup bersama," sangat memperluas ruang lingkup hubungan antar sesama. Tiba-tiba kita akan merasa bahwa kita bisa bergabung di mana saja. Setiap tempat yang kita datangi, kita akan memiliki hubungan kepada semua yang ada di sekitar kita.

Dapatkan Hubungan.
Dunia telah menyusut dan memperluas hubungan antar sesama pada waktu yang sama dengan penciptaan teknologi seperti komunikasi nirkabel, televisi satelit, dan yang paling baru-baru adalah koneksi Internet. Orang-orang yang belum pernah berinteraksi satu sama lain sekarang bisa terhubungkan setiap hari. Mereka berinteraksi menperkecil jarak dan perbedaan antara kita semua.

Pada saat yang sama, hubungan kepada orang-orang lain, informasi, dan budaya menjangkau seluruh dunia dalam sekejap. Kita mendapat akses yang mudah untuk mendapat informasi yang mau tidak mau akan menyadarkan kita bahwa ada dunia besar di sekitar kita.

Dalam beberapa kasus berinteraksi kita akan mendapatkan wawasan yang luas tentang bagaimana dengan kehidupan orang lain, bekerja, dan bermain. Tayangan bermacam-macam persoalan tersedia melalui kabel dan televisi satelit. Kita bisa melihat dan belajar tentang seperti apa hidup ini dari seluruh penjuru dunia. Kita melihat bahwa meskipun orang-orang berbeda dalam banyak hal, namun ternyata beberapa dari mereka bahkan mempunyai persoalan yang sama dengan kita.

Dalam kasus lain, jika kekurangan informasi dan kurang interaktif. Kita bisa mendapatkan dari internet atau melalui e-mail (mailing list) dan chatting, yang secara langsung akan  terhubung dengan orang-orang yang secara harfiah setengahnya dari seluruh dunia. Kita dapat menemukan teman-teman di negara-negara di seluruh planet ini yang memiliki minat yang sama, tantangan, dan keyakinan. Dengan mengklik mouse, kita sudah dapat terhubung.

Melalui teknologi yang kita miliki, kita mempunyai banyak kesempatan mengakses banyak informasi dan dunia kehidupan orang lain. Jika Anda menggunakan teknologi tersebut untuk secara aktif terlibat dalam mendapatkan hubungan, Anda langsung akan mendapatkan segala cara di mana Anda bisa menyesuaikan diri.

Buat Puzzle Kehidupan sendiri
Berpikir jauh Kedepan akan membantu Anda mengaitkan diri dengan wawasan yang lebih luas dengan orang-orang lain. Melakukan hubungan dengan aktif akan membantu Anda berinteraksi dengan orang-orang lain. Kedua prinsip ini akan membantu Anda cocok di manapun Anda berada.

Membuat teka-teki Anda sendiri denga menggunakan konsep ke tingkat yang baru. Hitung-hitung menyatakan siapa sebenarnya Anda dan berusaha untuk mencari cara untuk mengintegrasikan diri dengan dunia di sekitar Anda, cobalah biarkan dunia juga mengintegrasikan dengan Anda.

Mengapa Anda harus masuk ke dalam teka-teki kehidupan orang lain? Mengapa tidak menentukan keberadaan Anda seperti yang Anda inginkan, oleh karena itu buatlah puzzle kehidupan Anda sendiri. Setelah semua selesai, akan sangat mudah untuk mengetahui bagaimana Anda bisa bergumul ke dalam teka-teki kehidupan. Apakah itu sulit? Tentu tidak. Jika Anda menjelajahi dunia Anda dengan berpikir jauh kedepan, dan kemudian menggunakan konsep mendapatkan hubungan, Anda akan mendapatkan akses masuk dan melihat dunia orang-orang yang juga sedang membuat teka-teki mereka sendiri.

Tidak peduli apa jenis keberadaan yang Anda ingin memiliki, mungkin ada ratusan bahkan ribuan orang lain yang menginginkan sesuatu yang serupa. Mereka mungkin tersebar di seluruh dunia dan memiliki latar belakang yang sama sekali tidak seperti Anda, tetapi ketika Anda berpikir jauh kedepan dan bisa berhubungan maka tidak akan ada masalah. Dari semua kemungkinan ini, beberapa dari mereka telah menemukan cara untuk memilih jenis keberadaan yang Anda cari, dan mungkin bersedia untuk berbagi informasi tentang jenis pilihan mereka.

Dengan memilih bagian-bagian dari teka-teki kehidupan mereka yang cocok untuk Anda dan memadukannya dengan ide-ide Anda sendiri. Setelah itu, Anda akan dapat menciptakan sesuatu yang benar-benar unik, dan semua adalah milik Anda. Karena itu Anda tidak perlu khawatir mengadopsi teka-teki orang lain karena setelah itu Anda akan memilikinya sendiri.

Ketika dunia terus berubah, situasi yag telah lalu akan menjadi kurang menarik. Dalam lingkungan seperti itu, mencari tempat untuk menempatkan diri akan menjadi lebih sulit. Dengan berpikiran Jauh Kedepoan, mudah berkomunikasi, dan menyusun teka-teki kehidupan Anda sendiri maka Anda akan merasakan bahwa Anda tidak akan menemui kesulitan apapun, karena Anda akan cocok di mana saja Anda berada.

Copyright © 2011 R.Karso Wintolo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar